PENILAIAN DAN EVALUASI

  1. Penilaian hasil studi setiap matakuliah merupakan Nilai Akhir dari unsur-unsur nilai yang meliputi Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas, Kuis, atau Praktikum. Nilai Akhir merupakan wewenang Dosen matakuliah tersebut dan dinyatakan dalam huruf/angka sbb :

TABEL

  1. Evaluasi studi dilakukan setiap akhir semester dengan cara mengeluarkan Kartu Hasil Studi (KHS) dan dimonitor oleh Dosen Wali sebagai bahan pertimbangan pengambilan SKS semester berikutnya.
  2. Jika suatu matakuliah diulang maka nilai hasil studi yang berlaku adalah nilai akhir saat matakuliah tersebut diulang terakhir kali (bukan nilai terbaik).

 

YUDISIUM KELULUSAN

Mahasiswa dinyatakan lulus atau selesai dari program studi yang dipilihnya apabila telah memenuhi semua persyaratan kelulusan yang ditetapkan oleh aturan program studi tersebut. Yudisium kelulusan yang berlaku adalah sebagai berikut :

 

TABEL

 

PELANGGARAN AKADEMIK

Pelanggaran akademik adalah tindakan-tindakan yang melanggar etika akademik, yang antara lain adalah :

  1. Dengan sadar (sengaja) atau tidak sadar menggunakan atau mencoba menggunakan bahan-bahan, informasi, atau alat bantu belajar lainnya tanpa ijin dari asisten atau dosen yang bersangkutan.
  2. Dengan sadar (sengaja) atau tidak sadar tanpa ijin mengganti atau mengubah, memalsukan nilai atau transkrip akademik, ijasah, kartu tanda mahasiswa, tugas-tugas perkuliahan, keterangan, laporan, atau tanda tangan.
  3. Dengan sadar (sengaja) menggunakan kata-kata atau karya orang lain sebagai kata-kata atau karya sendiri.
  4. Menyuap, memberi hadiah, atau mengancam dengan maksud mempengaruhi penilaian prestasi akademik.
  5. Melakukan atau menyediakan sarana dan prasarana yang tidak dibenarkan dalam kegiatan akademik seperti melakukan penjiplakan karya orang lain, berlaku curang dalam bidang akademik, penyalahgunaan gelar akademik, melanggar etika/norma akademik lainnya yang berlaku.
  6. Dan lain-lain yang sejenis.