PELANGGARAN AKADEMIK

Pelanggaran akademik adalah tindakan-tindakan yang melanggar etika akademik, yang antara lain adalah :

  1. Dengan sadar (sengaja) atau tidak sadar menggunakan atau mencoba menggunakan bahan-bahan, informasi, atau alat bantu belajar lainnya tanpa ijin dari asisten atau dosen yang bersangkutan.
  2. Dengan sadar (sengaja) atau tidak sadar tanpa ijin mengganti atau mengubah, memalsukan nilai atau transkrip akademik, ijasah, kartu tanda mahasiswa, tugas-tugas perkuliahan, keterangan, laporan, atau tanda tangan.
  3. Dengan sadar (sengaja) menggunakan kata-kata atau karya orang lain sebagai kata-kata atau karya sendiri.
  4. Menyuap, memberi hadiah, atau mengancam dengan maksud mempengaruhi penilaian prestasi akademik.
  5. Melakukan atau menyediakan sarana dan prasarana yang tidak dibenarkan dalam kegiatan akademik seperti melakukan penjiplakan karya orang lain, berlaku curang dalam bidang akademik, penyalahgunaan gelar akademik, melanggar etika/norma akademik lainnya yang berlaku.
  6. Dan lain-lain yang sejenis.

SANKSI AKADEMIK

  1. STMIK DCI berwenang untuk mengambil tindakan penertiban dalam hal seorang Mahasiswa tidak dapat memenuhi kewajibannya atau melanggar norma, bertindak kriminal, melanggar etika akademik / profesi / umum, dan melanggar peraturan STMIK DCI yang berlaku. Sanksi tersebut dapat berupa:
    Peringatan secara lisan dan atau tertulis;
    Denda administratif;
    Skorsing;
    Pencabutan status kemahasiswaan dari STMIK DCI;
    Pencabutan gelar akademik.
  2. STMIK DCI juga berwenang untuk mengambil tindakan penertiban dalam hal seorang Mahasiswa terbukti melakukan perkelahian di dalam lingkungan Kampus STMIK DCI dengan alasan apapun, dan dikenai sanksi sampai Pencabutan status kemahasiswaan dari STMIK DCI.